Kamis, 22 Oktober 2015

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Penjelasan Mengenai Garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal Pada OpenGL dalam Java

VERTIKAL


Import org.lwjgl.LWJGLException; sebagai pengambilan library org.lwjgl.LWJGLException pada java.
Import org.lwjgl.opengl.*; sebagai pengambilan library org.lwjgl.opengl.* pada java.
Import java.util.*; sebagai pengambilan library java.util.* pada java.
Public class Vertikal { untuk pembuatan public class bernama Vertikal
Public void layar () throws LWJGLException { untuk pembuatan prosedur layar dengan menggunakan LWJGLException
Int a, kordin1, kordin2; untuk pendeklarasian variabel a, kordin1, kordin2 dengan menggunakan integer
Scanner putin = new Scanner(System.in); proses penginputan dengan nama “putin” sebagai penginputan sistem
System.out.print(“Masukan titik awal (x) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan titik awal (x) : “
Kordin1 = putin.nextInt(); untuk proses menginput kedalam variabel kordin1
System.out.print(“Masukan titik awal (y) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan titik awal (y) : “
Kordin2 = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel kordin2
System.out.print(“Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam Pixel) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam Pixel) : “
a = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel a

try { untuk penamaan prosedur yaitu “try”
Display.setDisplayMode(new DisplayMode (300,300)); untuk mengatur layar output dengan berukuran 300,300
Display.setTitle(“Garis Vertikal”); untuk membuat title judul bernama “Garis Vertikal”
Display.create(); untuk menampilkan layar output
} catch(LWJGLException e) {  untuk mengambil LWJGLException
System.exit(0); } berfungsi untuk mengeluarkan sistem atau menutup sistem
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION); untuk menampilkan Matriks Mode dengan Project
GL11.glLoadIdentity(); untuk meload identitas pada GL11.
GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);

GL.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW); untuk menampilkan Matriks Mode dengan modelview
While (!Display.isCloseRequested()) { melakukan proses perulangan hingga program diakhiri
GL11.glBegin(GL11.GL_QUADS); untuk memulai proses pemanggilan opengl
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1+5,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1+5,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1+5,kordin2+a); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1+5,kordin2+a)
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2+a); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2+a)
GL11.glEnd(); mengakhiri proses pemanggilan opengl
Display.update(); untuk menampilkan program yang sudah diperbaharui

LINE MAKER

Import org.lwjgl.opengl.*; sebagai pengambilan library org.lwjgl.opengl.* pada java.
Import org.lwjgl.LWJGLException; sebagai pengambilan library org.lwjgl.LWJGLException pada java.
Public class LineMaker { untuk pembuatan public class bernama LineMaker
Public static void main () throws LWJGLException { untuk pembuatan prosedur main dengan menggunakan LWJGLException
Int pil; untuk pendeklarasian variabel pil menggunakan integer
Scanner input = new Scanner(System.in); proses pemasukkan input dengan Scanner sistem
System.out.println(“=======Aplikasi Pembuat Garis=======”); untuk menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “=======Aplikasi Pembuat Garis=======”
System.out.println(“1. Membuat Garis Vertical”); untuk menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “1. Membuat Garis Vertical”
System.out.println(“2. Membuat Garis Horizontal”); untuk menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “2. Membuat Garis Horizontal”
System.out.println(“3. Membuat Garis Diagonal”); untuk menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “3. Membuat Garis Diagonal”
System.out.println(“Silahkan masukan Pilihan yang diinginkan : ”); untuk menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “Silahkan masukan Pilihan yang diinginkan : ”
pil = input.nextInt(); proses pemasukkan input kedalam variabel pil
switch(pil){ membuat pilihan dengan menggunakan variabel pil
case 1: jika pilihan pada input adalah 1 maka akan melakukan proses berikut
Vertikal vet = new Vertikal(); pemanggilan fungsi Vertikal dengan menamakan kedalam variabel vet
vet.layar(); untuk menampilkan fungsi dalam vet dan menggunakan main layar
break; proses pemberhentian sejenak
case 2: jika pilihan pada input adalah 2 maka akan melakukan proses berikut
Horizontal hoz = new Horizontal(); pemanggilan fungsi Horizontal dengan menamakan kedalam variabel hoz
hoz.layar(); untuk menampilkan fungsi dalam hoz dan menggunakan main layar
break; proses pemberhentian sejenak
case 3: jika pilihan pada input adalah 3 maka akan melakukan proses berikut
Diagonal dig = new Diagona;(); pemanggilan fungsi Diagonal dengan menamakan kedalam variabel dig
dig.layar();untuk menampilkan fungsi dalam dig dan menggunakan main layar
break; proses pemberhentian sejenak
default: untuk pilihan diantara ketiganya
System.out.println(“Pilihan yang anda pilih salah!!”); untuk menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “Pilihan yang anda pilih salah!!”

HORIZONTAL


Import org.lwjgl.LWJGLException; sebagai pengambilan library org.lwjgl.LWJGLException pada java.
Import org.lwjgl.opengl.*; sebagai pengambilan library org.lwjgl.opengl.* pada java.
Import java.util.*; sebagai pengambilan library java.util.* pada java.
Public class Horizontal { untuk pembuatan public class bernama Vertikal
Public void layar () throws LWJGLException { untuk pembuatan prosedur layar dengan menggunakan LWJGLException
Int a, kordin1, kordin2; untuk pendeklarasian variabel a, kordin1, kordin2 dengan menggunakan integer
Scanner putin = new Scanner(System.in); proses penginputan dengan nama “putin” sebagai penginputan sistem
System.out.print(“Masukan titik awal (x) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan titik awal (x) : “
Kordin1 = putin.nextInt(); untuk proses menginput kedalam variabel kordin1
System.out.print(“Masukan titik awal (y) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan titik awal (y) : “
Kordin2 = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel kordin2
System.out.print(“Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam Pixel) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam Pixel) : “
a = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel a

try { untuk penamaan prosedur yaitu “try”
Display.setDisplayMode(new DisplayMode (300,300)); untuk mengatur layar output dengan berukuran 300,300
Display.setTitle(“Garis Horizontal”); untuk membuat title judul bernama “Garis Horizontal”
Display.create(); untuk menampilkan layar output
} catch(LWJGLException e) {  untuk mengambil LWJGLException
System.exit(0); } berfungsi untuk mengeluarkan sistem atau menutup sistem
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION); untuk menampilkan Matriks Mode dengan Project
GL11.glLoadIdentity(); untuk meload identitas pada GL11.


GL.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW); untuk menampilkan Matriks Mode dengan modelview
While (!Display.isCloseRequested()) { melakukan proses perulangan hingga program diakhiri
GL11.glBegin(GL11.GL_QUADS); untuk memulai proses pemanggilan opengl
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2+5); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2 ditambah 5)
GL11.glVertex2f(kordin1+a,kordin2+5); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1 ditambah nilai variabel a,kordin2 ditambah 5)
GL11.glVertex2f(kordin1+a,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1 ditambah nilai variabel a,kordin2)
GL11.glEnd(); mengakhiri proses pemanggilan opengl
Display.update(); untuk menampilkan program yang sudah diperbaharui

DIAGONAL


Import org.lwjgl.LWJGLException; sebagai pengambilan library org.lwjgl.LWJGLException pada java.
Import org.lwjgl.opengl.*; sebagai pengambilan library org.lwjgl.opengl.* pada java.
Import java.util.*; sebagai pengambilan library java.util.* pada java.
Public class Diagonal { untuk pembuatan public class bernama Diagonal
Public void layar () throws LWJGLException { untuk pembuatan prosedur layar dengan menggunakan LWJGLException
Int a, kordin1, kordin2; untuk pendeklarasian variabel a, kordin1, kordin2 dengan menggunakan integer
Scanner putin = new Scanner(System.in); proses penginputan dengan nama “putin” sebagai penginputan sistem
System.out.print(“Masukan titik awal (x) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan titik awal (x) : “
Kordin1 = putin.nextInt(); untuk proses menginput kedalam variabel kordin1
System.out.print(“Masukan titik awal (y) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan titik awal (y) : “
Kordin2 = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel kordin2
System.out.print(“Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam Pixel) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam Pixel) : “
a = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel a

try { untuk penamaan prosedur yaitu “try”
Display.setDisplayMode(new DisplayMode (300,300)); untuk mengatur layar output dengan berukuran 300,300
Display.setTitle(“Garis Horizontal”); untuk membuat title judul bernama “Garis Horizontal”
Display.create(); untuk menampilkan layar output
} catch(LWJGLException e) {  untuk mengambil LWJGLException
System.exit(0); } berfungsi untuk mengeluarkan sistem atau menutup sistem
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION); untuk menampilkan Matriks Mode dengan Project
GL11.glLoadIdentity(); untuk meload identitas pada GL11.
GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);

GL.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW); untuk menampilkan Matriks Mode dengan modelview
While (!Display.isCloseRequested()) { melakukan proses perulangan hingga program diakhiri
GL11.glBegin(GL11.GL_QUADS); untuk memulai proses pemanggilan opengl
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1-5,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1 dikurang 5,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1+a-5,kordin2+a); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1 ditambah nilai variabel a kemudian dikurang 5,kordin2 ditambah nilai variabel a)
GL11.glVertex2f(kordin1+a,kordin2+a); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1 ditambah nilai variabel a,kordin2 ditambah nilai variabel a)
GL11.glEnd(); mengakhiri proses pemanggilan opengl
Display.update(); untuk menampilkan program yang sudah diperbaharui


Untuk menjalankan program, compile file tersebut lalu jalankan. Akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Menu pilihan yang pertama adalah garis vertical, kedua garis adalah horizontal, dan ketiga adalah garis diagonal. Jika pilih 2 dengan titik awal x = 100 dan y = 110. Untuk panjang garis dalam pixel kita gunakan 400. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Kemudian jika kita pilih pilihan nomer 1 dengan nilai x = 100, dan y = 110. Untuk panjang garis dalam pixel kita gunakan 400 maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Dan jika kita memilih pilihan nomer 3 dengan nilai x = 100 dan y = 110. Untuk panjang garis dalam pixel kita gunakan 400 maka akan muncul seperti gambar berikut.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar