Penjelasan Mengenai Garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal Pada OpenGL dalam Java
VERTIKAL
VERTIKAL
Import org.lwjgl.LWJGLException; sebagai pengambilan library
org.lwjgl.LWJGLException pada java.
Import org.lwjgl.opengl.*; sebagai pengambilan library org.lwjgl.opengl.*
pada java.
Import java.util.*; sebagai pengambilan library java.util.* pada
java.
Public class Vertikal { untuk pembuatan public class bernama Vertikal
Public void layar () throws LWJGLException { untuk pembuatan prosedur layar dengan
menggunakan LWJGLException
Int a, kordin1, kordin2; untuk pendeklarasian variabel a, kordin1,
kordin2 dengan menggunakan integer
Scanner putin = new Scanner(System.in); proses penginputan dengan nama “putin” sebagai
penginputan sistem
System.out.print(“Masukan titik awal (x) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan
titik awal (x) : “
Kordin1 = putin.nextInt(); untuk proses menginput kedalam variabel kordin1
System.out.print(“Masukan titik awal (y) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan
titik awal (y) : “
Kordin2 = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel kordin2
System.out.print(“Masukan Panjang garis yang
diinginkan (dalam Pixel) : “); untuk
menampilkan isi komentar yaitu “Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam
Pixel) : “
a = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel a
try { untuk penamaan prosedur yaitu “try”
Display.setDisplayMode(new DisplayMode
(300,300)); untuk mengatur
layar output dengan berukuran 300,300
Display.setTitle(“Garis Vertikal”); untuk membuat title judul bernama “Garis
Vertikal”
Display.create(); untuk menampilkan layar output
} catch(LWJGLException e) { untuk mengambil LWJGLException
System.exit(0); } berfungsi untuk mengeluarkan sistem atau
menutup sistem
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION); untuk menampilkan Matriks Mode dengan Project
GL11.glLoadIdentity(); untuk meload identitas pada GL11.
GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);
GL.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW); untuk menampilkan Matriks Mode dengan modelview
While (!Display.isCloseRequested()) { melakukan proses perulangan hingga program
diakhiri
GL11.glBegin(GL11.GL_QUADS); untuk memulai proses pemanggilan opengl
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1+5,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1+5,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1+5,kordin2+a); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1+5,kordin2+a)
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2+a); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2+a)
GL11.glEnd(); mengakhiri proses pemanggilan opengl
Display.update(); untuk menampilkan program yang sudah
diperbaharui
LINE MAKER
Import org.lwjgl.opengl.*; sebagai pengambilan library org.lwjgl.opengl.*
pada java.
Import org.lwjgl.LWJGLException; sebagai pengambilan library org.lwjgl.LWJGLException
pada java.
Public class LineMaker { untuk pembuatan public class bernama LineMaker
Public static void main () throws
LWJGLException { untuk
pembuatan prosedur main dengan menggunakan LWJGLException
Int pil; untuk pendeklarasian variabel pil menggunakan integer
Scanner input = new Scanner(System.in); proses pemasukkan input dengan Scanner sistem
System.out.println(“=======Aplikasi Pembuat
Garis=======”); untuk
menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “=======Aplikasi Pembuat
Garis=======”
System.out.println(“1. Membuat Garis
Vertical”); untuk menampilkan
isi komentar dalam tanda petik dua “1. Membuat Garis Vertical”
System.out.println(“2. Membuat Garis
Horizontal”); untuk
menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “2. Membuat Garis Horizontal”
System.out.println(“3. Membuat Garis
Diagonal”); untuk menampilkan
isi komentar dalam tanda petik dua “3. Membuat Garis Diagonal”
System.out.println(“Silahkan masukan Pilihan
yang diinginkan : ”); untuk
menampilkan isi komentar dalam tanda petik dua “Silahkan masukan Pilihan yang
diinginkan : ”
pil = input.nextInt(); proses pemasukkan input kedalam variabel pil
switch(pil){ membuat pilihan dengan menggunakan variabel pil
case 1: jika pilihan pada input adalah 1 maka akan melakukan proses berikut
Vertikal vet = new Vertikal(); pemanggilan fungsi Vertikal dengan menamakan
kedalam variabel vet
vet.layar(); untuk menampilkan fungsi dalam vet dan menggunakan main layar
break; proses pemberhentian sejenak
case 2: jika pilihan pada input adalah 2 maka akan melakukan proses berikut
Horizontal hoz = new Horizontal(); pemanggilan fungsi Horizontal dengan menamakan
kedalam variabel hoz
hoz.layar(); untuk menampilkan fungsi dalam hoz dan menggunakan main layar
break; proses pemberhentian sejenak
case 3: jika pilihan pada input adalah 3 maka akan melakukan proses berikut
Diagonal dig = new Diagona;(); pemanggilan fungsi Diagonal dengan menamakan
kedalam variabel dig
dig.layar();untuk menampilkan fungsi dalam dig dan menggunakan main layar
break; proses pemberhentian sejenak
default: untuk pilihan diantara ketiganya
System.out.println(“Pilihan yang anda pilih
salah!!”); untuk menampilkan
isi komentar dalam tanda petik dua “Pilihan yang anda pilih salah!!”
HORIZONTAL
Import org.lwjgl.LWJGLException; sebagai pengambilan library
org.lwjgl.LWJGLException pada java.
Import org.lwjgl.opengl.*; sebagai pengambilan library org.lwjgl.opengl.*
pada java.
Import java.util.*; sebagai pengambilan library java.util.* pada
java.
Public class Horizontal { untuk pembuatan public class bernama Vertikal
Public void layar () throws LWJGLException { untuk pembuatan prosedur layar dengan
menggunakan LWJGLException
Int a, kordin1, kordin2; untuk pendeklarasian variabel a, kordin1,
kordin2 dengan menggunakan integer
Scanner putin = new Scanner(System.in); proses penginputan dengan nama “putin” sebagai
penginputan sistem
System.out.print(“Masukan titik awal (x) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan
titik awal (x) : “
Kordin1 = putin.nextInt(); untuk proses menginput kedalam variabel kordin1
System.out.print(“Masukan titik awal (y) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan
titik awal (y) : “
Kordin2 = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel kordin2
System.out.print(“Masukan Panjang garis yang
diinginkan (dalam Pixel) : “); untuk
menampilkan isi komentar yaitu “Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam
Pixel) : “
a = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel a
try { untuk penamaan prosedur yaitu “try”
Display.setDisplayMode(new DisplayMode
(300,300)); untuk mengatur
layar output dengan berukuran 300,300
Display.setTitle(“Garis Horizontal”); untuk membuat title judul bernama “Garis
Horizontal”
Display.create(); untuk menampilkan layar output
} catch(LWJGLException e) { untuk mengambil LWJGLException
System.exit(0); } berfungsi untuk mengeluarkan sistem atau
menutup sistem
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION); untuk menampilkan Matriks Mode dengan Project
GL11.glLoadIdentity(); untuk meload identitas pada GL11.
GL.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW); untuk menampilkan Matriks Mode dengan modelview
While (!Display.isCloseRequested()) { melakukan proses perulangan hingga program
diakhiri
GL11.glBegin(GL11.GL_QUADS); untuk memulai proses pemanggilan opengl
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2+5); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2
ditambah 5)
GL11.glVertex2f(kordin1+a,kordin2+5); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1
ditambah nilai variabel a,kordin2 ditambah 5)
GL11.glVertex2f(kordin1+a,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1
ditambah nilai variabel a,kordin2)
GL11.glEnd(); mengakhiri proses pemanggilan opengl
Display.update(); untuk menampilkan program yang sudah
diperbaharui
DIAGONAL
Import org.lwjgl.LWJGLException; sebagai pengambilan library
org.lwjgl.LWJGLException pada java.
Import org.lwjgl.opengl.*; sebagai pengambilan library org.lwjgl.opengl.*
pada java.
Import java.util.*; sebagai pengambilan library java.util.* pada
java.
Public class Diagonal { untuk pembuatan public class bernama Diagonal
Public void layar () throws LWJGLException { untuk pembuatan prosedur layar dengan
menggunakan LWJGLException
Int a, kordin1, kordin2; untuk pendeklarasian variabel a, kordin1,
kordin2 dengan menggunakan integer
Scanner putin = new Scanner(System.in); proses penginputan dengan nama “putin” sebagai
penginputan sistem
System.out.print(“Masukan titik awal (x) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan
titik awal (x) : “
Kordin1 = putin.nextInt(); untuk proses menginput kedalam variabel kordin1
System.out.print(“Masukan titik awal (y) : “); untuk menampilkan isi komentar yaitu “Masukkan
titik awal (y) : “
Kordin2 = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel kordin2
System.out.print(“Masukan Panjang garis yang
diinginkan (dalam Pixel) : “); untuk
menampilkan isi komentar yaitu “Masukan Panjang garis yang diinginkan (dalam
Pixel) : “
a = putin.nextInt();untuk proses menginput kedalam variabel a
try { untuk penamaan prosedur yaitu “try”
Display.setDisplayMode(new DisplayMode
(300,300)); untuk mengatur
layar output dengan berukuran 300,300
Display.setTitle(“Garis Horizontal”); untuk membuat title judul bernama “Garis
Horizontal”
Display.create(); untuk menampilkan layar output
} catch(LWJGLException e) { untuk mengambil LWJGLException
System.exit(0); } berfungsi untuk mengeluarkan sistem atau
menutup sistem
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION); untuk menampilkan Matriks Mode dengan Project
GL11.glLoadIdentity(); untuk meload identitas pada GL11.
GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);
GL.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW); untuk menampilkan Matriks Mode dengan modelview
While (!Display.isCloseRequested()) { melakukan proses perulangan hingga program
diakhiri
GL11.glBegin(GL11.GL_QUADS); untuk memulai proses pemanggilan opengl
GL11.glVertex2f(kordin1,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1-5,kordin2); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1
dikurang 5,kordin2)
GL11.glVertex2f(kordin1+a-5,kordin2+a); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1
ditambah nilai variabel a kemudian dikurang 5,kordin2 ditambah nilai variabel a)
GL11.glVertex2f(kordin1+a,kordin2+a); membuat titik garis dengan koordinat variabel (kordin1
ditambah nilai variabel a,kordin2 ditambah nilai variabel a)
GL11.glEnd(); mengakhiri proses pemanggilan opengl
Display.update(); untuk menampilkan program yang sudah
diperbaharui
Untuk menjalankan program, compile file tersebut lalu jalankan. Akan muncul
seperti gambar dibawah ini.
Menu pilihan yang pertama adalah garis vertical, kedua garis adalah horizontal,
dan ketiga adalah garis diagonal. Jika pilih 2 dengan titik awal x = 100 dan y
= 110. Untuk panjang garis dalam pixel kita gunakan 400. Maka akan muncul
seperti gambar dibawah ini.
Kemudian jika kita pilih pilihan nomer 1 dengan nilai x = 100, dan y =
110. Untuk panjang garis dalam pixel kita gunakan 400 maka akan muncul seperti
gambar dibawah ini.
Dan jika kita memilih pilihan nomer 3 dengan nilai x = 100 dan y = 110. Untuk
panjang garis dalam pixel kita gunakan 400 maka akan muncul seperti gambar
berikut.











Tidak ada komentar:
Posting Komentar